Thursday 26 January 2017

10 Tempat Liburan Alternatif Versi Saya yang Harus Kamu Kunjungi



Diambil dari Google


Kamu mungkin pernah mengalami percakapan di bawah ini dalam sebuah grup Sosmed:

“Guys mumpung lagi libur minggu depan kita jalan-jalan, yuk?”

“Yuk yuk, kemana?”

“Ke pantai gimana?”

“Gausah kejauhan!”

“Terus kemana, dong?”

“Ngecamp aja di gunung.”

“Aku gak bisa keluar malam.”

“Ke bukit bintang, aja.”

“Udah sering”

“Bosen.”

Hening. Tidak jadi jalan-jalan.

Merencanakan liburan dengan sekelompok orang memang gampang- gampang susah. Kalau kamu lagi beruntung, ajakanmu bisa dengan cepat direspon dan terlaksana. Tapi, kalau lagi apes ajakanmu bisa mental. Itu nyakit banget, lebih sakit dari ditolak gebetan yang udah dua bulan dibidik. Perih vroooh.


Kamu tidak perlu risau apalagi galau, liburan tidak melulu soal pergi ke suatu tempat atau ke wahana hiburan. Dalam tulisan ini, saya akan beritahu kamu tempat mana saja yang layak dikunjungi. Karena pantai, gunung, atau danau adalah tempat yang mainstream banget. Kudet kalau kata neneku dulu.

Baiklah, biar kamu cepat tercerahkan. Berikut saya bocorkan tempat-tempat alternatif versi saya:

Perpustakaan

Jangan takut dianggap jomblo atau old school jika kamu nongkrong di perpustakaan seharian. Selain dapat menambah ilmu, perpustakaan juga menyediakan fasilitas wifi bagi pengunjungnya. 

Nah, fasilitas ini bisa kamu manfaatin untuk searching pemandangan gunung atau pantai. Setidaknya kamu tahu suasana tempat itu. Secara tidak langsung kamu bisa mengunjungi tiga tempat sekaligus: perpustakaan, gunung dan pantai. Keren, kan?

Kamar

Kamar, baik kamar rumah atau kos, bagi sebagian orang adalah surga. Bagi saya, tidur lebih berharga dari liburan. Liburan saya adalah tidur. Tidur seharian dalam kamar bisa memulihkan penat dan pening. Tidak percaya? Silahkan coba.

Kamar Mandi

You know-lah what I mean!

 Warung Kopi

JIka kamu manusia pengidap Kanker (kantong kering), warung kopi adalah wahana yang paling saya sarankan. Tahu kenapa? Karena hanya di tempat inilah kamu bisa internetan seharian sampai ambeyen hanya dengan memesan satu cangkir kopi seharga lima ribu rupiah. 

Pinggir Sungai

Di sekitar habitatmu pasti ada sungai. Cobalah sesekali di suatu sore atau pagi, kamu duduk sendirian ditemani secangkir kopi dan rokok. Lalu tatap lamat-lamat matahari yang baru bangkit atau tenggelam. Suasana hatimu perlahan akan membaik. Serius.

Pinggir Jalan

Bosan dengan tempat-tempat sepi. Coba sesekali kamu duduk di trotoar jalan sambil menghitung berapa jumlah dan jenis kendaraan yang lewat. Syukur-syukur kalau ada tabrakan di depanmu. Kamu bisa jadikan ajang selfie atau masuk berita jadi saksi pertama. Asik kan?

Atap Rumah

Jika malam sedang cerah dan bintang berhamburan, cobalah duduk di atap rumah. Hitung jumlah bintang yang ada di atas kepalamu. Jika bosen, cobalah berbaring. Itu akan menyehatkan paru-parumu karena menghirup udara segar.

Liburan jenis ini hanya dapat dilakukan jika kamu punya rumah. Saya tidak menganjurkan kalau kamu tidak punya rumah dan jangan lakukan di rumah tetangga.

Kampus

Meski di waktu liburan, tidak ada salahnya jika kamu pergi ke kampus. Sesekali tengoklah kampusmu di kala sepi. Kamu jadi bisa tahu seluk-beluk kampus yang selama ini kamu tidak sadari.
Lebih positif lagi kalau kamu meramaikannya dengan agenda diskusi. 

Masjid

jika kondisi batinmu belum tenang setelah liburan ke tempat-tempat di atas. Cobalah pergi ke masjid. Tunaikan sholat wajib, akan lebih bagus jika disandingkan dengan shalat sunnah. Minta ketenangan hati pada sang pemilik hati. Aseek.

Jangan Pulang Kampung

Pulang kampung tidak melulu asik. Serunya paling hanya dua atau tiga hari. Setelah itu hanya rutinitas membosankan. Oleh karenanya, saya sarankan kamu untuk tidak pulang kampung. 

Jelajahilah tempat yang belum pernah kamu kunjungi. Ingat, Indonesia itu luas, lho. Yakin kamu mau diem aja?

Satu lagi, jika kamu ditanya:

“Cuk, kamu nggak pulang kampung?”

Jawabnya gini:

“Nggak, Indonesia kan kampung halamanku.”

Sekian ya, semoga tempat-tempat di atas bisa mewarnai waktu liburanmu.

No comments:

Post a Comment